infoselebb.my.id: Giliran Wanda Hara Masuk Ruangan Penyidik, Efek Kolega Nagita Slavina Nekat Nimbrung di Shaf Wanita - LESTI BILLAR

Giliran Wanda Hara Masuk Ruangan Penyidik, Efek Kolega Nagita Slavina Nekat Nimbrung di Shaf Wanita

Posting Komentar

Wanda Hara bercadar dan nekat nimbrung di shaf wanita saat kajian keagamaan Ustadz Hanan Attaki. 


Giliran Wanda Hara masuk ruangan penyidik, efek kolega Nagita Slavina nekat nimbrung di shaf wanita.


Sosok penata busana Irwansyah alias Wanda Hara kini harus tersandung persoalan hukum.


Itu setelah ia tepergok mengenakan cadar dan nimbrung di shaf wanita saat kajian keagamaan belum lama ini.


Diduga melakukan penistaan agama, Wanda Hara yang jati dirinya seorang laki-laki itu kini jadi terlapor di Polda Metro Jaya.


Ia dipolisikan sejak Rabu (27/7/2024).


Kasus tersebut kini masih ditangani oleh penyidik Polda Metro Jaya.


Terkini, penyidik sudah melayangkan panggilan untuk Wanda Hara.


Kolega Nagita Slavina itu dijadwalkan bakal diperiksa penyidik pada Kamis (29/8/2024).


"Terlapor (Wanda Hara) dijadwalkan rencana tanggal 29 Agustus 2024," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi dikutip dari Wartakotalive.com, Sabtu (24/8/2024).


Selain Wanda Hara, penyidik turut meminta keterangan beberapa pihak.


Mulai dari event organizer (EO), manajemen gedung sampai peserta dalam acara itu.


"Ya terlihat di dokumentasi selaku peserta kegiatan, jadi saksi itu adalah orang yang melihat mendengar mengalami peristiwa yang sedang didalami oleh polisi," kata Ade Ary.


"Jadi yang ada di sekitar situ peserta kegiatan nanti akan dilakukan klarifikasi juga," sambungnya.


Ade Ary mengatakan, nantinya Ustaz Hanan Attaki sebagai pengisi dalam kajian turut dimintai keterangan.


"Betul (Ustaz Hanan) juga dimintai keterangan," pungkas eks Kapolres Metro Jakarta Selatan tersebut. 


Sebelumnya, kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan fashion stylist Irwansyah alias Wanda Hara saat ini telah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya dari Bareskrim Polri.


Hal tersebut diungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi, kepada wartawan pada Rabu (21/8/2024).


"Ditreskrimum Polda Metro Jaya Subdit Kamneg telah menerima limpahan ya, limpahan laporan polisi dari Bareskrim Polri tentang dugaan penistaan agama, sebagaimana diatur di Pasal 156a KUHP," ucap Ade Ary.


Eks Kapolres Metro Jakarta Selatan itu menuturkan, penyelidikan kasus tersebut masih dilakukan lebih lanjut.


Pihaknya bahkan sudah mengecek lokasi dugaan penistaan agama yang dilakukan Wanda Hara. Diduga lokasinya berada di wilayah Jakarta Selatan.


"Ada 4 orang yang sudah dilakukan klarifikasi dalam tahap penyelidikan. Kemudian, TKP juga sudah dicek," katanya.

Kolase Wanda Hara dan Nagita Slavina. (Kolase instagram wanda_haraa/Sripoku.com)


Pelapor Minta Nagita Slavina Cs Turut Diperiksa


Wanda Hara, fashion stylist transgender ini belakang viral karena mengenakan cadar di acara kajian Ustadz Hanan Attaki. Imbas kasus itu, Wanda Hara dilaporkan ke Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri, Rabu (24/7/2024).


Laporan itu dilakukan oleh Muhammad Rizky Abdullah bersama tim hukum muslim yang menduga Wanda Hara telah melakukan tindak pidana penistaan agama. Muhammad Rizky Abdullah bersama tim hukum muslim yang diwakili oleh Muhammad Wildan mendatangi Bareskrim sekitar pukul 13.10 WIB untuk mengajukan laporannya.


Setelah kurang lebih 7 jam, laporan tersebut resmi diterima oleh kepolisian dan akan diproses hukum sesuai ketentuan yang berlaku dengan nomor laporan STTL/247/VII/2024/BARESKRIM.


Muhammad Rizky Abdullah mengungkap, proses pelaporan berlangsung tegang sebab sempat terjadi perbedaan pendapat mengenai poin-poin menyangkut tindak pidana untuk terlapor.


"Setelah perjuangan jam 1 siang sampai jam 8 malam tadi kami sudah konsultasi, koordinasi bahkan ada perdebatan cukup sengit dengan teman teman penyidik yang awalnya berbeda persepsi alhamdulillah akhirnya kita sepakat dan laporan kami diterima secara resmi Wanda Hara alias Irwansyah beserta gengnya," ujar Muhammad Rizky Abdullah dijumpai di Bareskrim Polri, Rabu (27/7/2024).


Dalam laporannya, pelapor juga menyinggung soal kehadiran Wanda Hara di kajian tersebut yang tak datang sendiri melainkan bersama beberapa rekannya seperti Nagita Slavina, Shandy Purnamasari, dan lainnya.


"Jadi gini, Irwansyah atau Wanda Hara ini memakai busana muslim atau pakai cadar ini, pasti dilakukan secara sadar dan juga sudah dipersiapkan sebelumnya dan Wanda Hara itu datang ke kajian tidak sendiri. Ada beberapa orang yang mana kita tahu semua, banyak artis di sana," katanya.


Pelapor menyampaikan kepada penyidik agar rekan-rekan Wanda Hara turut diperiksa dan dimintai keterangan agar diketahui kronologi yang sebenarnya dalam peristiwa tersebut.


"Kita sudah tahu semua, banyak artis juga di sana. Nah kami menyampaikan kepada pihak penyidik bahwasanya yang hadir, rombongan mereka harus turut diperiksa karena bisa jadi Wanda Hara memakai seperti itu apakah disuruh oleh salah satu artis tersebut, atau memang keinginan sendiri atau memang seperti apa," kata dia


“Contoh ada Nagita Slavina, Syahnaz Adik Raffi Ahmad, lalu ada Shandy Purnamasari istrinya mas Juragan 99 dan lain lain," ujarnya.


Pelapor menyebut memungkinkan untuk rekan-rekan Wanda Hara dipanggil untuk menjadi saksi. Meski demikian, Muhammad Rizky Abdullah belum melaporkan rekan-rekan Wanda Hara tersebut.


"Untuk terlapor ini Irwansyah dulu saja. Nanti kemudian mereka yang tadi saya sampaikan itu akan dipanggil sebagai saksi dan tidak menutup kemungkinan status naik. Nanti kita lihat penyidikan," ujarnya.

Pengacara yang melaporkan Wanda Hara ke Bareskrim Polri, Muhammad Rizky Abdullah. (Grid.id/Hana Futari)


Alfie Alfandy Bela Wanda Hara 


Fashion stylist Wanda Hara ketahuan kenakan cadar saat menghadiri acara kajian Ustaz Hanan Attaki, bersama Nagita Slavina, Syahnaz Sadiqah, dan lain-lain.


Peristiwa itu menjadi perhatian warganet atau netizen.


Warganet langsung membully Wanda Hara, sebab mereka mengetahui Wanda adalah laki-laki, bukan perempuan.


Apalagi pada saat itu, Wanda Hara salah mengambil posisi duduk pada area wanita dalam kajian tersebut.


Aktor yang juga seorang ustaz yakni Alfie Alfandy merasa langkah warganet yang membully dan menghina Wanda merupakan hal yang sangat salah.


Sebab menurut Alfie Alfandy, sosok Wanda serta orang lain yang serupa, harusnya tidak langsung dipukul atau dihujat.


"Kalau netizen menghujat segala macam orang yang ingin menuntut ilmu agama, kemudian dihujat, dicaci maki, lalu mana kesempatan dia mendekatkan diri pada Allah," kata Alfie Alfandy ketika ditemui di Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (24/7/2024).


Alfie mengaku dirinya sudah mengenal sosok Wanda sejak lama.


Dia sempat berbincang lebih dalam tentang ibadahnya selama ini meski penampilannya berbeda.


"Ya udah lama aku kenal dia lah. Ketika beliau, beliau bilang gue salat kok. Ya bagus, pertahankan. Gue nggak bisa bilang gimana gimana karena gue bukan Tuhan," ucap Alfie.


Melihat kasus yang terjadi dengan Wanda, Alfie merasa seharusnya teman-teman artis yang ada dengan Wanda bisa mengingatkan bukan melindungi.


Meski begitu, Alfie sadar bahwa tidak semua orang mampu menegur dan mengingatkan langsung, karena memiliki rasa tak enak.


"Terkadang kan teman merasa banyak nggak enaknya. Ya nggal apa-apa lo begini dulu, mungkin ya. Tapi yang pasti saatnya kita, temen temen dekat saatnya saling mengingatkan ketika kita lupa, bukan membenarkan ketika kita salah," tutur Alfie.


Menurut Alfie, yang terpenting dalam masalah Wanda, adalah Wanda sudah punya niat baik untuk belajar ilmu agama lewat sebuah kajian.


Alfie menilai bahwa seharusnya orang seperti Wanda Hara harus dirangkul, bukan diserang melalui hujatan.


Pasalnya, dia sadar busana Wanda di acara kajian kurang tepat.


"Jangan salah sasaran yang akhirnya timbul fitnah lebih besar. Yang jelek siapa, khawatir secara personalnya, mentalnya. Pada akhirnya, dia nggak percaya agama kita, nggak gitu," jelas Alfie Alfandy.


"Jadi kita harus menunjukkan rahmatan lilalamin dari diri kita sendiri. Tunjukan bahwa eksekusinya yang ini loh, jangan gitu," tutur Alfie Alfandy. (*)

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter